GET MORE HUMAN REFERRAL EASY AND FAST

GET MORE HUMAN REFERRAL EASY AND FAST

Friday, January 28, 2011

Teknik Framing Image dalam Photography


Banyak diantara kita sering menempatkan foto-foto dalam suatu bingkai, baik bingkai sebagai sarana menampilkan foto (seperti bingkai foto untuk digantung dinding, ditempatkan diatas meja/ nakas atau ditempat lainnya), maupun bingkai virtuil yang membatasi area gambar dengan kertas foto/media cetak lainnya.
Khusus bingkai virtuil, biasa kita lakukan dengan menggunakan software tertentu (photoshop, artshop, dll.) setelah gambar kita download dari kamera. Pembingkaian ini  merupakan cara menampilkan foto dan memberi keuntungan foto menjadi lebih menarik perhatian.
Pada artikel ini akan dipaparkan sejenis teknik pengambilan image yang mempunyai fungsi menarik perhatian dan memberikan kesan tertentu terhadap subyek bidik. Teknik framing dalam photography dilakukan dengan cara memberi batasan ruang terhadap suatu subyek bidik langsung dan menjadi satu bagian dari yang saling mendukung image tersebut dengan memberi atau memperkuat kesan dari subyek tersebut.
Manfaat dari gambar framing meliputi:
1.        Memberikan konteks pada foto
misalnya membingkai suatu adegan dengan suatu pintu gerbang dapat memberikan informasi tertentu terhadap sesuatu atau memberikan informasi dari suatu peristiwa tentang tempat Anda mengambil gambar selain subyek bidik (seperti keindahan arsitekturnya, kekunoan lokasi/bangunan, dll.).
2.      Menambahkan pesan dari foto
Dengan teknik pemotretan framing anda dapat menyampaikan pesan dari sebuah image yang anda potret, seperti tentang sesuatu yang disia-siakan, kebersihan lingkungan, bahaya yang dapat timbul terhadap orang lain akibat perbuatan sembarangan, dll.
3.      Memberikan kesan lebih dari foto
Dengan teknik framing dapat menambah kesan lebih dari subyek foto tersebut, seperti kesan rasa kedalaman dan berlapis serta memberikan kesan anda sangat diluar dari subyek foto (pada intinya membidik sebuah subyek dan menempatkan sesuatu di latar depan dengan menambahkan dimensi ekstra untuk tembakan).
4.      Menciptakan point of view dari foto
Beberapa model 'frame' dapat menarik penampilan foto Anda ke dalam gambar hanya dengan bentuknya. Beberapa juga percaya bahwa bingkai tidak hanya dapat menarik perhatian mata ke dalam gambar tapi isinya tetap di sana - memberikan kesan penghalang antara subyek Anda dan bagian luar tembakan.
5.      Menarik pemirsa foto Anda. 
Kadang-kadang anda tidak dapat melihat apa didalam suatu gambar yang menarik Anda ke dalamnya sebanyak (jika tidak lebih dari) apa yang bisa Anda lihat pada gambar. Pembingkaian yang cerdas dapat membuat pemirsa foto anda sedikit bertanya-tanya atau membayangkan apa yang ada di balik frame Anda, sehingga dapat cukup efektif meningkatkan rating foto anda (tetapi bila salah malah akan sangat mengganggu!).
Frame untuk sebuah foto dapat diperoleh dari segala bentuk dan segala benda, termasuk cabang pohon, cermin, spion, menembak dari balik jendela, dari balik pagar, dibalik dedaunan, dibalik pintu gerbang, bahkan dari antara kepala dan bahu seseorang,  dan lain-lain.
Satu aturan praktis yang saya pakai adalah dengan sebuah pertanyaan : “Akankah ini akan menambah atau memberikan keuntungan lebih terhadap gambar yang saya tembak?” Jika anda menemukan jawab : “Yes, ini akan menjadi lebih”, maka tembaklah segera. Jika tidak, maka jangan lakukan, karena kadang-kadang dengan framing dapat menambah kekacauan subyek bidikan dan atau membuatnya terasa sempit. Namun pada kondisi lain, dengan teknik framing akan dapat memberikan sesuatu yang lebih atau menakjubkan dari subyek bidik anda.
Terakhir adalah pertimbangkanlah apakah anda ingin bingkai anda berada dalam fokus atau tidak. Dalam beberapa kasus frame yang kabur/blur atau diluar fokus akan benar-benar menambah kesan mood dan kedalaman dari bidikan anda. Tetapi dalam kasus lain untuk memberikan fokus terhadap bingkai akan memberikan atau menambah konteks, kesan dan pesan dari suatu subyek atau peristiwa (dalam hal ini dengan memilih aperture sempit).
Sekarang anda dapat mencoba teknik pemotretan dengan memberi bingkai subyek anda untuk memberikan hasil bidikan yang memberikan sesuatu yang lebih dari subyek bidik anda. Silahkan mencoba.
Jika anda ingin melihat beberapa contoh foto dengan teknik framing ini anda dapat mengklik disini.
framing, bingkai, teknik pemotretan, teknik pembingkaian, teknik framing, frame, kesan foto, konteks foto, framing, bingkai, teknik pemotretan, teknik pembingkaian, teknik framing, frame, kesan foto, konteks foto, framing, bingkai, teknik pemotretan, teknik pembingkaian, teknik framing, frame, kesan foto, konteks foto

6 komentar:

pung said...

like this
“Akankah ini akan menambah atau memberikan keuntungan lebih terhadap gambar yang saya tembak?”

http://aufarizqi.weebly.com said...

http://aufarizqi.weebly.com berkata...

Bagus postingnya...Semoga bisa jadi petunjuk bagi yang Newbie ini..
Ada info Bagus Untuk Anda di blog saya..Semogs berkenan untuk berkunjung.

for a better life said...

Baru Jalan2 tak sengaja singgah ke sini...
Salam persahabatan Untuk anda.
Good luck

http://mainviews.blogspot.com/2011/11/how-to-reproduce-follower-on-twitter.html

digitall-process said...

Ngeblog Belum Lengkap Bila belum Pasang Yang Satu Ini.
Silahkan anda coba dan buktikan sendiri..
Salam sukses

LATEST INFORMATION said...

mantap pak...
lanjutkan selalu

klinikindonesia said...

Trims infonya tentang Teknik Framing Image Dalam Photography.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Komentar anda sangat kami hargai. Isikan pendapat anda tentang tulisan ini di bawah ini ...